dasar seo

10 Hal dasar tentang SEO

10 Elemen SEO yang wajib anda ketahui

Ada banyak website yang menjelaskan tentang SEO. Hampir dipastikan anda sudah kebanjiran informasi tentang SEO. Ada yang disajikan secara gamblang, ada juga yang membuat anda tambah bingung.

Nah, agar anda tidak tambah bingung, kami mencoba menjelaskan beberala hal paling mendasar dan wajib diketahui sebelum memulai proses SEO website anda. Berikut ini 10 hal mendasar tentang SEO :

1. Tema/Topik – Pilihlah tulisan yang berguna dimana orang akan benar-benar ingin membaca. Karena ada begitu banyak informasi internet, cobalah untuk menulis sesuatu yang unik dan berbeda dengan yang lain.

Sebagai contoh, ada banyak situs web yang membahas tentang bisnis online, tetapi tidak banyak yang membahas studi kasus bisnis online untuk pemula. Mulai dari nol hingga menghasilkan 10 juta perbulan.

2. Kata kunci – Putuskan apa kata kunci yang relevan dan penting. Halaman web ini adalah tentang dasar SEO, sehingga kata kunci yang relevan untuk halaman ini adalah “dasar SEO”, “dasar optimasi mesin pencari”, “SEO Top 10″, dan lain-lain.

Tapi, jangan terlalu hanyut. Pilih satu atau dua frase kata kunci yang mendukung teks Anda. Ingat, untuk memilih kata kunci yang Anda pikir orang akan benar-benar mengetik ke mesin pencari.

Jika anda bingung harus memilih kata kunci yang mana, kami menyarankan agar anda melakukan riset keyword terlebih dahulu. Lagi pula, ada banyak panduan riset keyword internet.

3. Persaingan – Berhati-hatilah untuk tidak memilih suatu topik atau kata kunci yang sangat kompetitif.

Untuk melihat apakah ada sesuatu yang tidak terlalu kompetitif, Anda dapat menggunakan alat seperti Ahref atau cukup mengetik frase ke google dalam tanda kutip dan lihat berapa banyak hasil pencarian yang muncul.

Jika ada jutaan halaman dengan kalimat yang tepat, Anda akan sulit bersaing kecuali situs anda sudah berperingkat tinggi. Judul artikel ini menggunakan frase, “dasar seo”, menghasilkan sekitar 24.300 dari hasil google (saat tulisan ini diterbitkan).

Kata kunci ini lebih baik daripada jutaan, tetapi masih akan mempunyai banyak persaingan ketat. Tentu saja jika Anda memilih kata kunci dengan nol persaingan, tidak ada orang yang mungkin mengetik frase tersebut ke dalam mesin pencari.

4. Judul – Pilihlah judul untuk halaman web Anda yang berisi kata kunci Anda yang paling mendekati frase. Ini penting. Perhatikan judul halaman ini.

5. Konten – Bila Anda menulis teks Anda, pastikan untuk menggunakan frase di sana-sini, tetapi jangan terlalu banyak ditaruh di satu halaman. Anda tidak ingin dianggap spam oleh google kan?. Kalau ketahuan google bisa-bisa web Anda diblack list ( masuk kandang google sandbox) dan gak akan terindeks samasekali oleh Google.

6. Internal Link – Pastikan untuk link ke halaman web Anda sendiri sebanyak mungkin. Idealnya, Anda akan link ke itu minimal satu kali pada setiap halaman di seluruh situs Anda.

Bila mungkin, gunakan judul halaman sebagai teks link karena yang memiliki frase kunci Anda di dalamnya. Salah satu contoh internal link adalah ini, internet marketing.

7. Eksternal Link – Ini hal sulit, tetapi sangat penting. Dapatkan link ke halaman web Anda dari situs Web lain. Jika Anda memiliki beberapa website, hal ini tidak akan begitu berat, tetapi Anda dapat juga meminta teman-teman dan kolega untuk membantu Anda juga.

Link terbaik yang berasal dari halaman-halaman dengan topik yang sama. Jangan spam situs lain dengan link Anda. Kadang-kadang orang menuliskan komentar pada situs lain dan menempatkan linknya di sana … tetapi biasanya diabaikan oleh Google atau diblokir oleh situs eksternal menggunakan tag nofollow.

8. Judul/title pada browser – Pastikan untuk menggunakan judul halaman Anda, atau beberapa variasi sederhana yang mencakup frase kunci Anda, di halaman / browser <title> tag. Hal ini sangat penting.

9. Meta Description – Tulislah deskripsi yang mencakup kata kunci untuk deskripsi meta tag karena hal ini kadang-kadang akan ditampilkan dalam hasil pencarian Anda. Biasanya mengambil dari paragraf pertama dari tulisan Anda.

10.Pantau dan sesuaikan – Anda dapat menggunakan Google Analytics atau perangkat lunak statistik lainnya untuk memantau halaman web Anda dan melihat apa kata kunci yang membawa traffic pengunjung datang ke halaman Anda. Berdasarkan informasi, Anda dapat menyesuaikan judul, kata kunci yang sesuai.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *