SEO Website: 6 Hal penting yang harus diketahui

Hal penting dalam SEO Website

Sebagai Webmaster, tentu saja kita harus terus beradaptasi dengan perubahan-perubahan Algoritma Google Terbaru. Sehingga proses SEO Website bisa dilakukan dengan tepat.

Kita tahu. Algoritma Google terus berkembang. Jika kita bandingkan Algoritama Google tahun 2009 lalu dengan algoritma 2019, tentu sangat jauh berbeda. Bahkan, awal Maret 2019 lalu Google pun melakukan Update Mayor terhadap Algoritmanya.

Sampai hari ini, kami belum bisa mengkonfirmasi apa saja yang berubah. Hanya saja, kami sudah merasakan dampaknya pada beberapa klien SEO Website.

Ada yang turun, beberapa juga ada yang naik.

Kami harus bekerja lebih keras untuk bisa “membaca” arah perubahan algoritama Google ini. Ini tidak mudah. Tapi harus dilakukan.

Tentu saja, dalam melakukannya kami berpatokan pada kaidah-kaidah umum yang dianut oleh mesin pencari seperti Google. Salah satu kaidah umum tersebut adalah “UX – User Experience”. Ini menjadi patokan kami sejak beberapa tahun lalu.

Hal penting yang harus diketahui dalam proses SEO Website

Dalam melakukan SEO terhadap website. Tentu saja kita harus memiliki pengetahuan dasar tentang mesin pencari, khususnya Google. Nah, berikut ini adalah beberapa hal dasar tersebut

Pahami Audiens anda

Langkah awal dalam proses SEO adalah riset keyword.

Dalam memilah dan memilih keyword yang akan dioptimasi termasuk ketika mau dikembangkan menjadi artikel kita harus paham dulu “apa maksud penggun internet” menggunakan kata-kata tersebut (Baca: keyword).

Maksud pencari informasi menggunakan keyword tersebut saat mengetikannya di Google disebut dengan Search Intent.

Jika kita bisa memahami “Search Intent” saat mengetikan keyword dimesin pencari, maka kita sudah punya modal awal untuk mengembangkannya menjadi konten yang sesuai.

Misalnya pengguna mengetikan keyword : Cara SEO Website.

Dari frasa kata diatas kita bisa memhami bahwa pengguna menginginkan informasi terkait dengan cara/step/langkah demi langkah dalam melakukan SEO website.

Ini artinya, anda harus menyediakan konten yang akan memandu mereka melakukan SEO. Baik berupa artikel, video maupun konten lainnya.

SEO Website

Konten Website yang relevan & lnformatif

Beberapa waktu lalu, kami juga sudah menulis artikel tentang cara menulis artikel yang menarik dan informatif. Karena kemampun untuk menghasilkan konten yang informatif menjadi mutlak bagi anda yang ingin melakukan SEO Website tahun 2019 ini.

Hal pertama yang harus anda perhatikan saat ingin menyediakan konten website adalah Relevansi.

Dengan konten yang relevan, tentu saja akan berpengaruh pada user experience di website anda. Jika user experiencenya bagus, bounce rate jadi rendah, time on site jadi naik dan dampak positifnya google akan memberikan bonus berupa kenaikan peringkat di mesin pencari.

Ternyata relevan saja belum cukup.

Selain relevan, konten anda juga harus informatif dan dibahas secara mendalam.

Konten informatif adalah konten yang memberikan manfaat pada pencari informasi. Jika mereka mencari panduan cara SEO website, maka anda harus menyediakan konten yang benar-benar bermanfaat bagi mereka.

Tidak itu saja. Sebaiknya juga membahas topik tersebut secara lebih mendalam. Kemudian memberikan memberikan “internal linking” pada halaman lain sebagai penjelasan lebih lanjut dari topik yang sedang dibahas.

Dengan begitu tidak saja time on site yang naik, tetapi page views juga akan bertambah.

Untuk anda yang masih merasa pemula, mungkin ada baiknya juga membaca tulisan kami terkait dasar-dasar SEO yang harus diketahui.

Otoritas Website

Otoritas yang kami maksud adalah Otoritas domain.

Dugaan kami, otoritas domain ini dipengaruhi oleh backlink yang mengarah ke TLD, jumlah konten terkait dengan topik serta traffic yang berasal dari mesin pencari.

Mungkin anda sering menemukan domain tokopedia, bukalapak, shopee dan beberapa marketplace lainnya mendapatkan peringkat di Google.

Padahal halaman tersebut tidak dioptimasi dengan baik. Baik onpage maupun backlinknya. Tapi, mereka diberikan peringkat oleh Google.

Jawabannya adalah Otoritas domain.

Jadi, jika ingin peringkat websitenya naik. Mulailah menyusun strategi seo untuk meningkatkan otoritas domain anda.

Proses SEO Website akan jadi lebih mudah jika otoritas domain sudah bagus.

Perhatikan Technical SEO

Banyak juga dari praktisi SEO yang abai dengan urusan yang satu ini. Padahal cukup berpengaruh pada perubahan peringkat di mesin pencari.

Beberapa technical SEO yang perlu anda perhatikan adalah :

  • Kecepatan website
  • Rancangan Halaman 404
  • Setting robots.txt
  • Dan lain sebagainya

Jangan pernah abaikan technical SEO yang kami sebutkan diatas jika ingin prose SEO Website yang anda lakukan mencapai KPI SEO yang ditetapkan.

Mobile Optimization

Dari tahun ke tahun, jumlah pengguna yang mengakses internet melalui perangkat mobile terus meningkat. Bahkan, beberapa waktu lalu kami mendapatkan data bahwa pengguna perangkat mobile malah lebih besar dibandingkan dengan pengguna desktop.

Ini artinya, mau tidak mau anda harus menyesuaikan website anda dengan perangkat mobile.

Pastikan website anda mobile friendly. Tidak saja website yang responsive. Tetapi juga harus lebih cepat ketika diakses melalui perangkat mobile.

Kami masih sering menemukan website yang dirancang tahun 2000an. Rata-rata tidak responsive. Mereka malas beradaptasi dengan teknologi terbaru.

Kami harap, anda bukan bagian dari mereka.

Karena desain website yang responsive tersebut sangat mudah mendapatkannya. Apalagi jika anda adalah pengguna WordPress.

Ukur persaingan

Jangan membabi buta. Cobalah untuk mengukur kemampuan anda dalam melakukan SEO website. Jika pengetahun dan pengalaman anda masih kurang dibandingkan dengan competitor, maka coba lebih kreatif untuk menemukan keyword yang memiliki persaingan rendah.

Disinilah pentingnya riset keyword.

Jika anda masih bingung melakukan riset keyword. Silahkan lihat, baca dan pahami panduan riset keyword ini.

Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian saat mengukur persaingan terhadap keyword yang ingin dioptimasi.

  • Potensi Keyword – Volume
  • Pengetahuan dan pengalaman anda
  • Budget yang dimiliki
  • Dan Waktu yang tersedia

Kami yakin, SEO website akan semakin seru dari tahun ke tahun. Akan selalu ada hal-hal baru yang menuntut kita untuk beradaptasi dengan hal baru tersebut.

Dan itulah mengapa belajar SEO secara berkelanjutan menjadi bagian yang sangat penting bagi para praktisi SEO. Bahkan bagi mereka yang membranding dirinya dengan “Pakar SEO” sekalipun. Anda bisa belajar di LitleProject.com.

SEO website itu sangat dinamis.

Untuk anda yang memiliki waktu yang terbatas, apalagi ilmu SEO yang belum memadai, kami sarankan untuk menyewa layanan Konsultan SEO yang banyak ditawarkan di Internet.