memulai usaha

Pentingnya menetapkan tujuan sebelum memulai usaha

Menetapkan tujuan sebelum memulai usaha

Menetapkan tujuan merupakan bagian penting dari memulai dan menumbuhkan usaha. Bahkan, memainkan peran penting dalam berbagai hal dari usaha Anda, baik dalam pemasaran, penjualan, dan perencanaan.

Tujuan dapat memberikan arahan, motivasi dan cara yang jelas untuk mengukur kemajuan usaha Anda. Ada energi besar dibalik tujuan yang tergambar jelas.

Tanpa tujuan, dan proses untuk melacaknya, membuat Anda kesulitan melihat gambaran besar usaha Anda dan membuatnya agar tetap fokus. Penetapan tujuan bisa menjadi pijakan bagi Anda untuk melihat perjalanan usaha Anda, dari mana Anda mulai dan sampai sejauh mana usaha Anda akan dicapai.

Tips berikut akan membantu Anda menetapkan tujuan usaha, fokus pada hal yang ingin Anda capai, dan mulai menempatkan rencana Anda ke dalam tindakan.

Langkah 1: Mulailah dengan Mimpi

Tahap pertama adalah mempertimbangkan segala impian yang ingin Anda raih. Tidak perlu bersikap realistis pada saat ini,jangan batasi proses berpikir Anda. Sekarang adalah waktu untuk mempertimbangkan segala kemungkinan, seolah-olah tidak ada batasan.

Untuk memulainya, ambilah selembar kertas dan mulailah berpikir di mana Anda ingin berada dalam satu tahun, lima tahun dan sepuluh tahun. Jangan khawatir tentang bagaimana Anda akan sampai di sana, tulislah setiap kemungkinan, baik besar maupun kecil.

Baca juga :

Langkah 2: Brainstorm Segala Kemungkinan

Setelah Anda menuliskan semua impian dengan jelas, selanjutnya adalah melakukan brainstorming untuk mendapatkan beberapa ide yang tersembunyi di bawah alam sadar Anda.

Anda bisa mengikuti beberapa metode brain storming yang menurut Anda paling efektif. Misalnya dengan menggunakan metode berikut :

Brain Dump – Membiarkan pikiran Anda lepas landas tanpa sekat dan tuliskan segala sesuatu yang Anda dalam pikiran Anda, apakah itu masuk akal atau tidak.

Membuat Daftar – Fokuslah pada satu ide yang signifikan pada suatu waktu dan buatlah garis besar dari semua tujuan yang mungkin menjadi bagian dari setiap gagasan yang lebih besar.

Mind Mapping – Mulailah dengan satu ide, kemudian menggunakan kata-kata dan gambar untuk membuat peta ide yang saling berhubungan.

Langkah 3: Mengurutkan Pilihan

Langkah selanjutnya adalah membuat pilihan dari semua mimpi dan ide-ide Anda yang telah Anda tulis sebelumnya pada saat melakukan Langkah 1 dan 2. Urutkan ide-ide Anda ke dalam beberapa kategori.

Sebagai contoh, Anda dapat membuat kategori berdasarkan prioritas, buatlah peringkat ide-ide Anda tersebut dengan betapa pentingnya mereka dalam hidup Anda.

Anda juga bisa mengkategorikan ide-ide Anda berdasarkan komitmen waktu yang dibutuhkan, dampak keuangan, dan juga berdasarkan keinginan.

Dengan tujuan yang jelas, tentu saja akan memberikan arah yang jelas pula pada anda. Tujuan ini juga akan membantu anda untuk mengevaluasi proses agar tidak keluar dari jalur yang sudah ditetapkan.

Jika anda belum memiliki tujuan yang jelas dalam berbisnis. Segeralah membenahinya dari sekarang sebelum terlambat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *