8 Apa perbedaan Serum, Toner dan Essence?

Tidak banyak yang tahu apa beda serum, toner dan essence. Jik anda juga tidak tahu, mari kita bahas apa perbedaan serum, toner dan essence disini

Beda Serum Toner dan Essence

Apa sih perbedaan serum, toner, dan essence? Bagaimana urutan pemakaiannya? Mana yang harus dipakai dulu antara toner dan essence? Kapan waktu pemakaian serum?

Yang namanya skincare itu banyak banget ya jenisnya. Kalau serum dan toner sepertinya sudah banyak yang paham, karena biasanya dalam paket skincare sudah ada kedua produk tersebut.

Penggunaan skincare sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kulit. Agar hasilnya efektif, cara pemakaiannya juga harus benar. Jangan sampai urutannya dibolak-balik.

Misal, yang harusnya produk A dulu baru produk B, tapi pada prakteknya yang digunakan malah produk B dulu ketimbang produk A.

Kan nggak lucu kalau pakai cream dulu kemudian baru cuci muka dan membersihkan wajah dengan facial wash. Intinya sih jangan sampai urutannya salah.

Perbedaan Essence dan Toner

Nah, kalau essence itu apa? Apa sih kegunaannya? Penting atau tidak sih untuk wajah? Sebetulnya kalau dibandingkan dengan toner, ada kemiripan.

Ya, essence dan toner rada mirip. Keduanya sama-sama bermanfaat untuk menghidrasi kulit. Toner berguna untuk menetralkan pH kulit, untuk mempersiapkan kulit dalam menerima skincare step berikutnya, begitupun essence.

— Beda Kandungan Bahan

Bedanya, essence memiliki kandungan bahan dengan konsentrasi lebih berat ketimbang toner. Selain itu, essence dapat digunakan untuk perawatan wajah tertentu, bergantung pada bahan aktif yang terdapat pada essence tersebut. Misal, pada essence yang mengandung niacinamide, dapat digunakan untuk membantu mencerahkan kulit.

— Beda dalam penggunaan

Adapun penggunaan essence adalah setelah penggunaan toner. Namun, ini hanyalah opsional. Maksudnya, kalau tidak pakai essence, tapi langsung ke skincare step berikutnya juga tak apa.

Essence juga bisa digunakan bergantian dengan toner. Misal, kalian mau pakai toner saja atau essence saja. Jadi, bisa saling menggantikan.

— Beda dari sisi bentuk

Dari segi bentuk, toner berbentuk cair. Sedangkan essence tidak hanya tersedia dalam bentuk cair, dan juga ada yang kental seperti lotion.

Perbedaan Toner dan Serum

Keduanya sama-sama bermanfaat sebagai pelembab. Namun, untuk membedakan serum dan toner tidaklah susah.

— Beda Harga

Dari segi harga juga jauh. Biasanya kalau dalam paket skincare dengan merk yang sama, harga serum lebih mahal ketimbang toner.

— Manfaat serum lebih utama

Selain itu, serum memiliki kegunaan lebih ketimbang toner, bergantung pada bahan aktif yang terkandung dalam serum.

— Beda urutan pemakaian

Adapun untuk urutan pemakaiannya, serum digunakan setelah penggunaan toner. Kalau kalian juga menggunakan essence, maka urutan pemakaiannya yaitu toner, essence, kemudian serum.

Perbedaan Serum dan Essence

— Beda Efektifitas

Meskipun essence juga mengandung bahan aktif, tapi efeknya tak seefektif serum. Kandungan bahan aktif serum lebih tinggi ketimbang essence.

Bisa dibilang kalau essence ini tengah-tengah antara toner dan serum. Penggunaan essence bergantung pada kondisi kulit, apakah memerlukan essence atau tidak.

— Beda dalam penggunaan

Penggunnaan serum juga opsional. Banyak skincare satu paket yang tidak dilengkapi dengan serum, hanya facial wash, toner, krim malam, dan krim siang saja. Intinya, sesuaikan dengan kondisi kulit.

Penutup

Demikian pembahasan tentang perbedaan serum, toner, dan essence. Ketiganya sama-sama ada manfaatnya.

Namun, kalian tidak harus menggunakan ketiganya.

Tapi, kalau kalian merasa kulit kalian memerlukan ketiganya, silakan gunakan ketiganya. Tapi, usahakan menggunakan produk yang aman.

Sekalipun itu cuma toner, gunakan toner yang sudah terdaftar di BPOM. Begitupun dengan essence dan juga serum.

Untuk kalian pengguna essence, coba komentar produk essence mana yang kalian pakai. Apakah satu merk dengan toner dan serum yang kalian gunakan atau tidak? Kemudian apa alasan kalian memilih essence tersebut? Apakah karena pertimbangan harga, kualitas, atau apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published.